Kamis, 21 Maret 2013

Resensi Film: L.A. Confidential (1997)



Kilas balik menyaksikan wajah-wajah aktor beken yang sampai saat ini masih produktif berkarya lewat L.A. membuat saya tersadar bahwa faktor “f” alias fisik memang tak terbantahkan pentingnya di industri film Holiwut. Di film ini, wajah Kevin Spacey dan Russell Crowe terlihat masih pada kencang, mulus bebas keriput, dan merekah. Beruntungnya, mereka tak hanya bermodal tampang saja melainkan kemampuan olah peran mereka juga tak kalah merekahnya. Poin lainnya, saya jadi tahu bukan hanya sekarang-sekarang ini saja kualitas akting mereka yahut tapi memang sudah sejak baheula.

Dari judul dan posternya saja sudah tertebak mau bercerita tentang apa film nomine film terbaik Oscar ini. Dua sisi uang logam: polisi dan investigasi. Diadaptasi dari sebuah buku, membuat film ini cukup terkesan padat dalam garis plot tebak-tebakan seru. Walau judul dan posternya mudah ditebak, tidak sedemikian dengan jalan akhir ceritanya. Saya gagal menebak siapa gembong penjahat dalam film ini sebelum terjawab dengan sendirinya. Sial!

Mmm… Saya agak kesulitan membeberkan sinopsisnya tanpa tak sengaja menjadi penghancur kejutan. Baiklah, begini sederhananya… L.A. mengisahkan upaya kepolisian Los Angeles mengembalikan citra positif setelah sempat tercoreng karena insiden penghajaran beberapa tawanan di lorong sel oleh beberapa oknum polisi di suatu pesta malam Natal. Sejalan dengan upaya itu, kepolisian dihadapkan pada tuntutan mutlak suksesnya investigasi terhadap kasus pembunuhan keji di sebuah kedai makan. Sialnya, saat itu tubuh internal kepolisian sedang amburadul alias tak solid. Lengkap sudah!

Bagi saya, film investigasi ini penuh MSG (vetsin). Lezat dilahap, bikin ogah mandeg sebelum kehabisan. Saya heran saja mengapa Akademi bisa menominasikan film ini menjadi salah satu kandidat film terbaiknya (walaupun akhirnya gagal). Untuk ukuran selera Oscar, L.A. tergolong ringan, santai, bahkan asyik… Tak ada pengalaman sinematik aneh-aneh di film ini. [B] 20/03/13   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar