Jumat, 04 Februari 2011

Resensi: 4 Months, 3 Weeks, & 2 Days (2007)


Aborsi. Sebuah tema film yang jarang diangkat namun penuh tantangan jika digali. Saya tak akan tertarik menonton film ini apabila tak ada embel-embel peraih palem emas Cannes karena simpel saja, judulnya. Umum dipakai judul film horor zombie, dsb.

Set era 1987 ketika rezim komunisme runtuh di Romania. Dua pemudi, Otilia dan Gabita, yang tinggal sekamar merencanakan aborsi atas janin yang ada dalam kandungan Gabita. Mulai awal sinematografi handheld minus polesan menyeruak menyorot dialog Otilia dan Gabita yang getir dan tanpa keyakinan penuh untuk memulai rencana aborsi. Dengan uang pas-pasan mereka menyewa kamar khusus bakal tempat operasi. Tanpa mengetahui jelas reputasi sang algojo aborsi, mereka nekat mempertaruhkan apa yang mereka miliki.

Tema sosial seperti ini akan selalu memicu diskusi setelah menontonnya. Di luar konteks apakah menghibur taknya, mengharukan taknya, membosankankah? Sudah merupakan suatu keberanian bagi seluruh kru film memproduksi film yang cukup eksplisit sajikan hal dewasa ini. Nah, sekarang pasti Anda tahu apa arti dari judul film ini? [B+]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar