Rabu, 22 Mei 2013

Resensi Album Musik: Daft Punk - Random Access Memories (2013)

Duh, menyimak album musik gres yang satu ini mengingatkan kembali saya ke masa-masa saat pertama-tama mengenal musik-musik elektronika. Bagaimana saya mulai terperdaya oleh alunan bunyi-bunyian sintetis. Benar-benar, ini album luar biasa! Konsepnya matang. Sebagai album utuh, ia membawa elektronika ke dalam nuansa jazz dengan kadar yang sangat nyaman. Tiga belas lagu berjajar, durasinya paling irit 4 menitan, selebihnya boros. Malahan kalau dirata-rata, bisa masing-masing lebih dari 5 menit dengan rekor terpanjangnya dipegang oleh salah satu judul lagu favorit saya, Giorgio by Moroder, yakni selama 9 menit lebih.

Lagu single pertamanya, Get Lucky, sangat mencerminkan harmoni album ini. Anda dengar satu lagu itu saja, kalau suka maka hampir dipastikan bakal cocok dengan keseluruhan album ini. Daft Punk sebagai duo DJ asal Prancis punya gaya dan dunia sendiri yang susah untuk diintervensi. Kuat sekali karakter mereka, dengan mengangkat kembali musik dansa era sebelum 90-an tapi dibuatnya menjadi lebih dinamis, khas, dan asyik. Sebenarnya, sudah cukup sering saya kecewa dengan album-album Daft Punk sebelumnya. Tapi yang satu ini benar-benar menyegarkan. Saya seperti sedang diguyur kucuran air shower di toilet hotel (karena saya jarang mengalaminya, seringnya mandi ala bergayung, he3…). Satu album mereka yang paling saya suka sebelum Random adalah Discovery yang mana di dalamnya nangkring lagu-lagu besar mereka seperti Digital Love, One More Time, dll.

Dengan rilisnya album ini, saya menyejajarkan ia dengan album Discovery. Susah untuk mengesampingkan Discovery. Buat saya, album yang populer itu tak solid namun beberapa single utamanya terlampau luar biasa dan masuk ke dalam karya-karya besar Daft Punk. Sedang di dalam Random justru secara parsial tak ada yang sombong. Semua lagu konsisten mencuri indera pendengar, tanpa menjadikannya masing-masing spesial bak berlian di antara sekam.

Ini… baru hiburan! Terima kasih Daft Punk. Kalian tak perlu sering-sering mengeluarkan album, saya akan sabar menunggu karya-karya macam ini. Melalui Random, mereka jadi inovator musik dansa. Wahai para penikmat musik elektronika, telah meluncur satu lagi album musik-dansa yang memuaskan! [A-] 21/05/13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar