Selasa, 14 Mei 2013

Resensi Film: Side Effects (2013)

Jajaran bintang filmnya membuat saya keder: Jude Law, Channing Tatum, Catherine Zeta-Jones, dan Rooney Mara. Semua beken, agak minus untuk yang disebutkan terakhir karena ia baru jadi ulat alias sedang naik daun. Stradanya juga ciamik yakni Steven Soderbergh (Erin Brockovich). Gimana jadinya?

Tak jauh beda dengan karya Soderbergh sebelumnya, Contagion, film ini masih bersinggungan dengan ihwal medis. Namun, di Side naga-naganya si Soderbergh ingin menebus kebiasaannya di Contagion. Di sini, ia agak menjebak saya. Ini film pengalihan yang mengalihkan. Tadinya tentang apa terus jadinya malah kemana. Menonton Side seperti mendapat dua plot utama yang secara penyajiannya bisa dibilang okelah. Salah satu komposer musik favorit saya, Thomas Newman, di film ini cukup berkontribusi besar. Mampu menaikkan kadar dramatik.

Satu pil dapat mengubah hidupmu. Boleh percaya atau tidak dengan satu jargon film ini. Lambang palang merah tembus pandang di poster filmnya mengisyaratkan film ini bersinggungan dengan dunia kesehatan. Memang benar adanya. Seorang wanita berusia hampir kepala tiga baru saja mendapati suaminya terbebas dari penjara. Senang tentunya. Memang, iya. Tapi film ini mau menceritakan hal lain lagi tentang si wanita. Belakangan, kita ketahui bahwa si wanita mengidap depresi akut. Sampai-sampai dikisahkan bervariasi obat antidepresan pernah ditenggaknya. Ditemani suaminya yang setia, ia ingin terbebas dari siksaan mental atas nama depresi.

Seperti yang saya utarakan sebelumnya, film ini semacam punya dua plot utama yang terhubung manis. Lewat Side, saya makin yakin untuk bilang: Rooney Mara makin mengancam jagat akting Holiwut. Yang penting lainnya, lewat Side saya dapat satu lagi karya musik oke punya. Thievery Corporation – The Forgotten People. Musik ini bikin adegan pamungkasnya jadi makin kereeeeeeeeeeeen!!! [B] 13/05/13

2 komentar:

  1. Keren sih, tapi agak kecewa kenapa Channing Tatum cepet bgt matinya :(

    BalasHapus
  2. Jude Law main bagus di film ini, penampilan yg sangat simpatik, tenang dan cerdas.

    BalasHapus