Jumat, 14 Juni 2013

Resensi Film: Detachment (2011)

Alasan yang membuat saya menonton film ini yakni latar belakang si strada, Tony Kaye, yang pernah mencetak American History X dan tema pendidikan. Tetap saja, garis besar dari semua itu adalah edukasi. Tony sepertinya cukup menaruh perhatian pada isu fundamental yang satu ini. Dalam kreasi yang lebih muda ini, si strada mengangkat plot lebih ringan bila dibanding karya tersohor pendahulunya.

Seorang guru pengganti (diperankan  oleh Adrien Brody) datang. Sekolah yang dilawatinya sekarang termasuk “buangan”, banyak siswa-siswi pembangkang di sana. Seketika mengingatkan kita pada film Fredom Writers. Di film ini, bedanya mulai terlihat pada cara penggarapan sinematik. Sejak awal dibuat agak-agak ala semidokumenter, meskipun fiksi. Yang menjadikannya menarik buat saya adalah ada sisi lain yang ingin disampaikan lewat tema edukasi. Sisi itu lebih ke personalitas dan figur karakter.

Dikisahkan dalam film ini si guru baru mampu menarik hati beberapa orang di sekitarnya. Ia menunjukkan ketulusan dan empati dalam bungkus natural. Tidak ia tunjukkan hipokrisi. Namun, bukan lantaran hal ini menjamin kemulusan interaksi sosial. Tentu bisa dimaklumi bahwa akan ada momen friksi ketika kita (dianggap) bersikap baik kepada semuanya. Film ini mendeskripsikan sensibilitas kejadian ini secara pas.

Detachment tak terkenal, tapi ia mampu menghempas hati bagi pemirsa-pemirsanya yang sedang sensitif. Satu lagi film bertema sekolahan dan parenting yang layak direkomendasikan. [B] 12/06/13

1 komentar:

  1. Hi gus...sorry baru sempet visit your blog...kesan pertama...cool!
    About this movie...aku belum nonton filmnya...tapi satu yg pasti Adrien Brody is sexy!!
    Aku pertama kali nonton film Brody adalah The Jacket...itu juga di film tengah malam di salah satu stasiun tv swasta...dan dr situ aku bisa kasih komentar bahwa Brody tidak setampan Daniel Craig- James Bond favoritku...tapi aktingnya di The Jacket cukup menawan hatiku...xixixixi....btw kamu nonton film ini di dvd atau di bioskop?

    BalasHapus