Jumat, 05 April 2013

Resensi Film: The Cider House Rules (1999)

Kalau saya jarang menonton film-film “aneh”, mungkin film ini bisa memenangkan hati saya secara mudah. Betapa tidak? Narasinya bisa dibilang serba lumayan. Tak begitu kepanjangan, tak begitu ribet, cenderung santai, tapi membelai. Apalagi ada pojok kehidupan panti asuhan di sana. Potensial sekali mengharu-birukan penonton. Topik besarnya petuah: “kadang perlu melanggar aturan tuk buat suatu hal jadi lurus”.

Tobey Maguire, sebagai pemeran utama dalam film ini berperan sebagai putera panti bernama Homer yang hingga remaja tak kunjung diadopsi, mendapat keluarga adopsi. Sejak kecil ia dekat sekali dengan dokter panti yang diperankan oleh Michael Caine. Hubungan mereka otomatis mengingatkan pola relasi ayah-anak. Pada suatu titik, Homer bertekad kuat melihat dunia luar. Selama ini, duanianya hanya kehidupan panti. Terbayang bukan bagaimana sentimentilnya perpisahan si dokter dengan si Homer?


Cider membawa drama Holiwut kembali pada khitahnya. Dramatisasi berkelindan dengan pesan-pesan moral ala Disney. Tak perlu ada upaya pemancingan diskusi berat. Penonton tinggal duduk manis, menghirup bius, nikmati fase pingsan, dan bangun lagi dalam keadaan segar. [B] 05/04/13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar