Selasa, 12 Februari 2013

Resensi Film: Cloud Atlas (2012)

Dulu saya sempat percaya dengan film-film Tom Hanks. Makin ke sini, saya sudah enggan. Terbukti dengan film-film terakhir yang dibintanginya tak pernah sukses. Kali ini ia ambil peran dalam sebuah film fiksi-sedikit-ilmiah kreasi Wachowski Bros. (Matrix: The Trilogy).

Setelah menontonnya, saya rasa sayang sekali Akademi (Oscar) memubadzirkannya begitu saja. Memang benar Cloud tak hebat namun paling tidak skrip hasil adaptasi novelnya patut diapresiasi. Wachowski Bros. menyulam 6 lapis plot lintas-era menjadi satu film berkaitan “reinkarnasi modern”. Pesan yang ingin disampaikan di dalamnya mulia sekali. Sebuah introspeksi atas hubungan universal antarmanusia, tanpa batasan ruang dan waktu.

Oleh karena plot yang diceritakan terlalu banyak, maka saya lewatkan saja bagian sinopsis. Dalam Cloud, kita akan diajak melompat-lompat dari era avonturir (saya lupa di film ditulis abad ke berapa, yang jelas era di mana kapal layar masih berjaya), sampai era pascakiamat. Di tengah-tengahnya ada set era abad ke-20 dan 22. Bagi yang mau menontonnya, silakan saja sejak awal hitung berapa era yang dipakai Wachowski. Pada durasi awal film tercantum sekali keterangan era, sedangkan di pengadegan berikut-berikutnya penonton tak dibantu lagi tulisan keterangan era. Kita wajib mind-mapping mandiri.

Berlapis-lapis cerita bersahutan satu sama lain. Yang membuat saya terpaku adalah rasa penasaran. Apa sih hubungan cerita-cerita film ini? Inilah nilai jual utama Cloud. Di samping menyaksikan kemampuan bintang-bintangnya perankan multikarakter dalam satu film, saya pikir, film ini terlalu punya banyak bintang terkenal: Tom Hanks, Halle Berry, Ben Whishaw, Jim Sturgess, dll. Hampir di masing-masing plot mereka perankan sebuah karakter. Sebagai contoh, dalam Cloud si Tom Hanks memerankan 7 karakter.

Taruhlah Cloud sebagai sebuah hiburan fiksi-ilmiah, saya suka sekali dengan maraton petualangan mencari koneksi satu-sama-lainnya. Saya tak menuntut banyak kepadanya. [B+] 12/02/13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar