Senin, 02 April 2012

Resensi Film: Seabiscuit (2003)

Jangan tanya saya kenapa seekor kuda yang menjadi salah satu figur utama film ini diberi nama Seabiscuit. Saya tak mendapat cukup informasi tentang itu. Seabiscuit merekatkan tiga manusia cedera dalam lintasan pacuan kuda untuk secara tak disengaja saling melengkapi dan (yang terutama) saling menyembuhkan. Masih ada kesempatan kedua bagi masing-masing yang pernah cedera.

Pertama, seorang pengusaha kaya berkat usaha kreatif berbasis masa depan yang ditinggal naas bocah kesayangan serta ditinggal minggat isteri tercintanya. Kedua, pemuda asal keluarga terdidik yang dalam masa krisis ekonomi 1920-an terpaksa dititipkan ortunya ke orang lain karena tak kuat menanggung biaya hidup. Ketiga, pecinta hewan sekaligus mantan dokter hewan tak resmi yang hidup menyendiri di tengah semak dengan latar belakang kehidupan suram yang kurang terjelaskan. Mereka bertiga tergabung dalam satu tim pengusung kuda pacu “from hero-to-zero” bernama Seabiscuit.

Saya bilang, film ini agak cacat membangun kontruksi (katakanlah) latar belakang masing-masing karakter utama. Ada lubang-lubang menganga yang tak diperbaiki di sana-sini. Terkesan si strada terburu-buru ingin menghadirkan sensasi drama merinding penginspirasi bagi penonton. Padahal babak tersebut menjadi akan kurang mengena ketika penonton tidak dikenalkan secara intim. Semua serba biasa dan klise, bahkan pincang di paro awal film. Satu-satunya karakter yang membuat saya terhibur malah adanya penyiar radio pacuan kuda yang ekspresif dan lucu karena totalitasnya menghibur pendengar setia dengan tanpa melawak.

Seperti yang saya tulis dalam paragraph awal, pesan moral dalam film ini merupakan tipikal pesan legendaris, “orang yang pernah salah atau cedera pun masih bisa punya kesempatan kedua”. Saya pun alhamdulillah menangkap pesan itu setelah menonton film ini. Tapi ibarat sebuah sms, jika disampaikan dalam susunan kalimat yang disingkat tak karuan tak baku kadang menjerumuskan pembaca/penerima pesannya pada arti yang lain. Dan Seabiscuit merupakan sms macam itu. [B] 01/04/12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar