Senin, 15 Oktober 2012

Resensi Film: The Cabin in the Woods (2012)

Lama saya tak menikmati film tegang (tanpa tanda kutip). Judul film ini saya dapatkan lewat rekomendasi teman dan sekilas membaca hasil konsensus kritikus film. Terakhir saya menyaksikan film berintensitas tinggi mungkin The Raid: Redemption. Itu pun tak bersinggungan dengan hantu-hantuan. Kali ini saya menyiapkan diri untuk cicipi sensasi deg-deg-ser sedikit-sedikit buang pandangan. Setidaknya itu bayangan saya sebelum memutar The Cabin.

Saya temui kesulitan menuliskan sinopsis film ini karena tak ingin menghancurkan unsur kejutannya. Tahu sendiri, film horor yang paling bisa dibanggakan ya dari segi kagetan-kejutannya. Begini saja, terkisahlah sekelompok remaja yang menghabiskan suatu akhir pekan mereka di sebuah gubug terpencil. Mereka belum pernah ke sana sebelumnya, dan tak disangka-sangka petualangan demi petualangan “mengerikan” bakal mereka dapatkan di sana.

Percayalah, kalau sinopsis yang saya paparkan di atas terlalu sederhana dan masih ada ide besar lagi yang membungkusnya. Nah, ide inilah yang membuat sebagian besar kritikus film dan penggila film horor dibuat terkesima oleh The Cabin. Saya ibaratkan bahwa ide tersebut yakni kawinan The Truman Show dengan Zombieland (minus kandungan humor). Seperempat kedua bagian film, saya cukup tertegangkan dengan prasangka dan dugaan yang aneh-aneh. Namun setelah pertengahan film, saya mulai tak paham bagaimana cara nikmati kejutan demi kejutannya.

Hingga pada saatnya saya menyadari bahwa film ini menawarkan sesuatu yang baru dalam rekam jejak genre horor. Saya apresiasi atas hal ini. Namun, masih ada tapinya dari saya. Bagi saya, film horor terlanjur dianggap menaruh perhatian utama di adegan kejutan dan ending atau klimaks yang menyesakkan. Dan The Cabin lumayan kurang mewakili pernyataan tersebut. Kalau saya ditanya, “apakah The Cabin merupakan film thriller ala wiken remaja berskenario inovatif?” maka saya jawab, “100%, iya!” [B] 15/10/2012           
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar