Kamis, 21 April 2011

Resensi Musik: Lady Antebellum - Need you Now (2010)


Sudah lama saya tak dapati alunan pop-country renyah sejak era solo Shania Twain yang seksi, rada nakal, tapi kadang bisa juga tampil anggun atau trio Dixie Chicks dan solo Shawn Calvin yang sekarang “hilang” entah apa kabarnya. Sekelibat saya tertarik menengok siapa saja peraih door prize Grammy tahun 2010. Ada nama Lady Antebellum di sana, yang meraih (kalau tidak salah) dua piala berbentuk miniatur gramofon. Oleh karena sedang cari-cari referensi baru musik, tanpa pikir panjang langsung saja saya libas album Need You Now.

Lagu pembuka yang berjudul sama dengan titel albumnya membuat saya memperhitungkan dan menunggu-nunggu lagu-lagu berikutnya. Sebagai pembuka album, Need You Now sadar betul akan pentingnya fungsi kail terhadap pendengar dalam sebuah sajian berisikan 11 lagu. Need You Now secara sabar mendendangkan kerinduan pada kekasih. Trio yang beranggotakan tunggal cewek ini mengemas album berpola standar selang-seling up-beat ke down-beat dengan porsi lagu bertempo slow lebih banyak. Lagu favorit saya jatuh pada American Honey yang bertengger di urutan ke-3. Mengisahkan betapa damai dan merindunya pada masa-masa kepolosan.

Get caught in the race
Of this crazy life
Tryin' to be everything can make you lose your mind
I just wanna go back in time
To American honey, yea

There's a wild, wild whisper
Blowin' in the wind
Callin' out my name like a long lost friend
Oh I miss those days as the years go by
Oh nothing's sweeter than summertime
And American honey

Jangan khawatir bagi yang doyan suasana riang ala country. Lady Antebellum punya beberapa amunisi, sebutlah: Our Kind of Love, Perfect Day, Love this Pain, Stars Tonight, dan Something ‘Bout A Woman. Saya soroti ajaibnya Love this Pain yang (seperti biasa) mampu membangun tradisi keriangan khas musik country sekalipun untuk lirik–lirik kisah pedih.

Lagu manis yang siap menemani kita di petang hari kala menghilangkan penat ada pada When You Got a Good Thing. Dinyanyikan berduet mesra, mengingatkan kita pada lagu yang didendangkan meledak-ledak oleh pasangan Bryan Adams dan Barbra Streisand – I’ve Finally Found Someone. When You Got a Good Thing merupakan versi kunci rendahnya.

Puas rasanya bisa temukan referensi musik berkualitas lagi setelah cukup lama tak punya pilihan nama-nama baru. Lady Antebellum mengetuk pintu selera klangenan musik saya. Meskipun yang saya dengar kali ini merupakan album kedua mereka yang entahlah bagaimana nasib album perdana mereka. Tapi saya optimistis dengan langkah ke depan Lady Antebellum, dengan catatan jika mereka terus jaga konsistensi musikalitas dan pilihan lirik yang sangat berkarakter Amerika dan tidak melulu cinta seperti dalam album Need You Now ini. [B] 20/04/11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar