Rabu, 08 Februari 2012

Resensi Film: Animal Kingdom (2010)

“It’s a crazy f*ckin’ world”
Itulah ucapan terakhir dalam film ini. Apa maksudnya? Yah setidaknya, kita akan mengamini ketika menonton Animal Kingdom. Jangan kira ini sebuah film dokumenter fauna lantaran judulnya yang berarti Kerajaan Binatang. Kerajaan disini berarti keluarga, sedangkan binatang maksudnya kriminal. Saya lupa darimana saya dapat referensi film ini, tapi yang jelas cukup mengejutkan karena sempat di luar dugaan.

Sebuah karya dari benua kangguru, sebelumnya saya jarang menonton film asal Aussie, yang menceritakan sebuah keluarga pelaku-kriminal sedang terombang-ambing karena satu per satu anggota “klub”-nya dihabisi polisi. Rentetan kejadian ini terjadi ketika keluarga tersebut ketambahan seorang keponakan di bawah 18 tahun yang ditinggal mati overdosis ibunya. Sejak awal kita dijejali informasi bahwa keluarga besar si keponakan memang tak beres. Terjebaklah ia pada situasi tersudut antara memilih membela keluarga “bejat” atau membuat pengakuan jujur yang akan menjebloskan hampir seluruh satu-satunya keluarga dekat yang tersisa ke sel tahanan. Pesan moral dalam kasus ini adalah “sejak awal jika memungkinkan jangan sekali-kali coba masuk ke lingkungn hitam”.

Saya sebenarnya tak terlalu tertarik dengan ide utama cerita film ini. Namun, nuansanya yang kuat membuat saya sempat berkeringat, terutama dalam adegan pengejaran tak menggebu-gebu namun gemas penuh endapan amarah. Akting para pemainnya walupun tak spesial, bisa dibilang cukup menyokong bangunan kelam. Yang membuat jengkel, saya berasa ikutan lomba tangkap belut atas plot psikologis karakter utamanya, si keponakan. Memancing tebakan-tebakan mau ke mana ia berpihak. Hingga akhir film, saya selalu telat menebaknya. Satu karya tak terkenal yang patut diperhitungkan. [B] 07/02/12

1 komentar:

  1. Barusan nonton,, keren filmnya. Setelah melalui perjalanan emosi dari awal film, dan nyaris sekali dihinggapi rasa bosan di akhir, akhirnya terpuaskan dengan ending yang keren juga.

    BalasHapus