Minggu, 23 Juni 2013

Resensi Film: Oz: The Great and Powerful (2013)

Indra penglihat saya dimanja-manja oleh pemandangan panorama alam Oz di film ini yang penuh semburat kontras warna cerah merekah, merangsang suasana hati ceria. Tapi bagi penonton yang belum menonton film ini, tunggu dulu pengalaman ini sampai (paling tidak) setengah jam durasi sejak film berputar. Di fase awal, Oz disajikan dalam panel layar monokrom beraspek rasio entah berapa banding berapa namun yang jelas hampir berbentuk kotak-tak.

Saya akui dulu, kalau sama sekali tak familiar dengan kemasyhuran kisah The Wizard of Oz. Pokoknya mau nonton Oz saja. Magnet bagi saya antara lain nama besar si strada Sam Raimi dan aktor-aktris kondang yang berperan di dalamnya. Singkat cerita, Oscar (bernama panggil “Os” atau bisa juga “Oz”) merupakan seorang pesulap keliling. Ia mengidolakan Houdini dan Thomas Edison, sampai-sampai berangan mampu mengimitasi karier mereka. Namun ia sadar, ia takkan bisa jauh sampai ke angannya itu. Ia yang dikenal pula sebagai tukang tipu, perayu wanita, dan doyan berkata pedas ini dalam suatu insiden terdampar ke sebuah alam antah-berantah yang kebetulan bernama sama dengan nama panggilannya, Oz.

Lalu ngapain ia di sana? Ternyata, di Negeri Oz ia telah ditunggu-tunggu. Telah tersebar luas di tengah masyarakat atas sebuah rumor-ramalan bahwa akan datang seorang jagoan sihir yang bakal menciptakan perdamaian Negeri Oz yang saat itu tengah dirundung perseteruan. Sebuah premis khas dongeng anak-anak, bukan? Memang! Apalagi film ini didistribusikan oleh Disney.

Selain mata saya dimanjakan keindahan alam Oz interpretasi Sam Raimi dan drama hiburan hitam-putih di awal film, tak ada yang membuat saya kesengsem film ini. Sayang saja. Terlebih, saya cukup menyukai beberapa karya Sam Raimi. Ada apa, Om Raimi? Untuk ukuran film anak-anak, Oz kemesuman dan kurang ampuh mengajarkan pesan moral. Untuk ukuran film remaja ke atas, Oz kendur. Sebuah masalah yang sama dihadapi oleh Alice in Wonderland-nya Tim Burton.

Inilah Oz yang tidak seagung dan seperkasa judulnya. [C] 22/06/13  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar