Selasa, 07 Agustus 2012

Resensi Film TV: Cinema Verite (2011)

Satu persembahan dari HBO. Sebuah film yang mengisahkan produksi film dokumenter realitas kehidupan rumah tangga satu keluarga Amerika era 1970-an. Menghadapkan kita pada fragmen-fragmen macam seberapa orisinilnya ide tersebut di kala itu, sejauh mana imbasnya pada rumah tangga keluarga yang bersangkutan, dan bagaimana reaksi masyarakat terhadap hasil karya produksinya. Memfilmkan kenyataan, itulah gagasan mendasar ide film dokumenter pertunjukan realitas. Tanpa perlu menyiapkan skenario mendetail, namun diperlukan konsep matang guna mengeksekusinya. Inilah bentuk lain dari penelitian partisipatif antroplogi.

Di sini yang mau menjadi “korban” bahan film dokumenter adalah keluarga Louds asal Santa Barbara yang tampak hangat, lumrah, dan bahagia dari luar. Si produser tertarik oleh kecerdasan si ibu rumah tangga yang diperankan oleh Diane Lane. Keluarga The Louds cukup subur, punya banyak anak dengan impian masing-masing nan beragam. Kedatangan produser film dalam kehidupan rumah tangga mereka guna memfilmkan kisah hidup keseharian bukan tidak sama sekali berdampak, malah “mengacaukan borok” yang selama ini terpendam rapat-rapat. Konsekuensi yang dihasilkan jauh di luar dugaan. Bukan hanya bagi kehidupan internal rumah tangga The Louds, namun juga bagi kru film dan publik penontonnya.

Saya rasa film ini memang berskala tontonan televisi. Tidak ada greget di dalamnya. Ia ingin menampilkan suguhan berkualitas tanpa bertendensi pada pencapaian khusus. Selama durasi, kita diberi ruang lega untuk berdialog pada diri sendiri sembari menanti apa-apa saja yang akan terjadi setelahnya walaupun memang untuk ukuran film berdasar kisah nyata film ini terlalu mudah ditebak. Wajar sebetulnya, tapi saya tak menangkap ada upaya lebih untuk memberi kejutan pada penonton. Hal yang paling saya apresiasi dalam film ini adalah casting yang klop dengan figur-figur sebenarnya. [C+] 04/08/12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar